Link Collider - Best SEO Booster

Friday, November 28, 2014

Lovely Grandma

2014 ini mungkin jadi tahun yang paling banyak ujian allah buat aku, salah satunya nenek kesayangan aku yang sakit, nenekku yang merawat aku sejak kecil, nenekku yang biasanya begitu sehat dan tegar entah mengapa tiba-tiba suaranya hilang dan serak seperti dalam film-film di indosiar itu lhooo,,, kalo kena azab kan gitu yaa? he---he keliatan banget kalo korban sinetron ya he...he :-). setelah suaranay hilang dipagi yang cantik nenekku langsung dibawa ke rumah sakit tuban tubuhnya masih begitu kuat dan bahkan masih bisa berjalan sendiri waktu berangkat , waktu dirumah sakit dokter yang memeriksa bilang sangat berbahaya kalo dalam usia segitu (usia nenekku 71) suara hilang jadi harus diopname.
aku yang masih kuliah disurabaya waktu itu ditelpon ibuku yang ada di malaysia, ibuku bilang nenekku opname dan terus memanggil-manggil namaku, karena dari kecil aku yang diurus jadi kalau sakit makanya igetnya aku aja yaa padahal cucu nenekku sangat banyak selain aku, kesemuanya ada 21 cucu dari 8 anak-anaknya. aku yang ditelpon saat itu langsung pulang dan meluncur langsung ke rumah sakit di tuban,melihat keadaan nenekku rasanya gak tega banget, keadaanya sangat lemah, gak bisa bangun, gak mau makan, bahkan gak bisa ngapa-ngapain sangat bertolak belakang dengan kesehariannya saat sehat, nenekku adalah orang yang paling berpendirian keras, gak mau merepotkan hidup orang lain termasuk anak-anaknya, dia hidup sendiri dirumahnya, masak sendiri gak pernah mau meneriuma bantuan orang lain, bahkan prinsipnya "lebih baik saya memberi dan menolong daripada saya yang harus ditolong orang" sungguh sangat keras nenek saya itu.anak-anak nenekku atau kata lain para paman dan bibikku  mereka semua kebanyakan di malaysia,
 1. anak pertamanya adalah bibiku, yang sejak kecil sudah diberikan kepada orang lain( orang lain ini bukan orang asing juga seeh he..he beliau yang mengambil ini juga nenekku, alias bibinya bibiku saudaranaya kakekku gituuu, bingung yaa??) bibiku ini juga bekerja di malaysia dari masa mudanya samapi tuanya, sekarang beliau merasa udah tua jadi udah dirumah, saat sakit beliaulah yang merawat nenekku walau masa kecilnya diberikan pada orang lain namun kasih sayangnya tidak pernah hilang terhadap ibu kandungnya.
 2. anak kedua adalah pamanku yang super play boy menurut aku, hobinya kawin cerai. anaknya bertaburan dimana-mana gak banyak seeh tiap mantan istri ditinggali 1 putra,beliau pernah buat janji kalau seandainya nikah dan dapat anak cewek maka istri itulah yang akan dibawanya selamanya sampai kematiannya, dan anehnya menurut aku ya,, kalau nikah emang gak pernah dapat anak cewek anaknya cowok semua....paman ini juga diberikan pada orang lain sejak lahir malah, orang lain yang mengambil ini juga adalah nenekku yang mengambil bibi pertamaku itu, paman ini hidupnya seperti pangeran yang suka berfoyah-foyah aja menghabiskan harta orang tua tanpa bekerja, sejak muda hingga tuanya tetep begitu gak pernah berubah, hobinya jual aset kemudian menghilang, uang habis pulang lagi, pergi lagi entah kemana seperti itu terus hidupnya, saat nenekku sakit ini juga entah dimana rimbanya sampai saat ini belum muncul sejak menghilangnya awal juli lalu padahal kedua ibunya sedang sakit parah, nenekku yang satunya yang mungut paman dan bibiku yang pertama ini juga lagi sakit jantung malah.
 3. anak ketiga adalah bibi tersayangku, bibiku yang paling aku kasihi yang aku memanggilnya dengan sayang "mbokyah", ini adalah kisah hidupnya paling tragis dibanding saudara dan saudari lainnya, dimulai dengan kisah cintanya dan jodohnya yang begitu rumit dan tragis, tapi tidak akan kuceritakan keseluruhannya disini ya panjaaaaang ceritanya. tak mempunyai putra/putri yang hidup, tapi mempunyai putra malaikat kecil yang akan menantinya disaat kita semua akan dikumpulkan dipadang masyar nanti. putranya yang meninggal saat bayi baru lahir, suaminya yang meninggalkannya dan berselingkuh dengan teman terbaiknya, diceraikan saat hamil, tapi sungguh takdir allah tentang jodoh adalah luar biasa,, bagaimana allah menyatukan manusia dalam jodoh seperti kisah bibiku ini... besok selengkapnya saya ceritakan ya kisahnya buat inspirasi kita.. kalo gak malas nulis he..he. bibiku ini juga sudah gak di malaysia sejak lama, pengennya ngurus orangtua tapi nenekku terlalu jahat dengan bibikku tersayang ini, apapun yang diberikan gak akan diterima malah dibuang, saat nenekku sakit yang paling banyak mengurus ya bibiku ini.. tapi tetap diabaikan dan gak dianggap.
 4. anak ke 4 adalah ibuku, ibuku yang paling cantik. paling cengeng diantara semua saudaranya, ibuku paling lembek, gampang nangis dan gampang sakit kalau banyak pikiran akan jadi sakitnya karena ibuku juga ada darah tinggi, ibuku dimalaysia sampai saat ini ketika  nenekku sakit beliau juga akan jauh lebih sakit karena banyak nangis, ibuku gak bisa pulang.
 ke 4 saudara ini adalah saudara kandung se ayah dan se ibu yang sama, ibuku juga diberikan pada orang lain saat kecil, orang lain itu juga nenekku yang lain.untuk anak-anak selanjutnya adalah saudara beda ayah.
 5. anak ke 5 adalah paman yang penuh perjuangan, paman yang begitu hebat menurut aku. sejak kecil tidak sekolah bekerja demi menyekolahkan adik-adiknya, gak mau menikah sampai adiknya menikah semua, sangat agamis, bersumpah akan menikahi janda yang anaknya banyak biar bisa ngikutin sunnah nabi katanya. istrinya memang janda ber anak 4 tapi sangat cantik, buah dari kesabaran mungkin yah??tapi istrinya jahat menurut aku, masak gak mau ngasih putra/putri lagi buat pamanku katanya malu anaknya udah banyak. tapi alhamdullilah setelah menikah begitu lamanya tahun ini udah hamil setelah bertahun-tahun dipaksa begitu banyak orang akhirnya hatinya luluh.ini putra yang paling disayangi nenekku tiap dengar namanya langsung nangis karena mengingat perjuangannya, yang membuat sedih juga gitu nenekku sangat memimpikan melihat putranya ini akan mempunyai anak kandung saat cucunya yang dinanti udah mau hadir kedunia sebentar lagi, nenekku malah sakit parah, beliau selalu nangis kalau ingat. takut akan meninggal sebelum melihat cucunya ini. pamanku ini juga di malaysia sama seperti ibuku.. gak bisa pulang saat nenekku sakit karena baru aja pulang.
 6. anak ke 6 adalah tante yang selama hidupnya penuh dengan konflik dengan nenekku, selama pulang dari tanah palu sejak dulu tante selalu bertengkar dengan nenenkku, bahkan pernah bersumpah tak akan pernah menyetuh nenekku walau beliau mati,namun inilah hikmah allah atas seluruh kejadian selalu ada kebaikannya. tante inilah yang saat ini mengurusi nenekku siang dan malam penuh kasih yang dulu sangat ditolak nenekku, yang dianggap musuh.
 7. anak ke 7 adalah tanteku yang paling aku idolakan, sangat gaul, sama aku seperti teman sangat nyambung diajak ngomong walau jarak umurnya jauh, ini dari seluruh saudara ibuku yang paling aku suka,omongannya apa adanya, gak sombong seperti saudara lainnya, baik hati banget, dia hampir jadi warga malaysia ketiga anaknya lahir disana, yang pertama udah diindonesia,yang 2 putra-putra yang lucu banget tinggal dimalaysia malah kedua putranya udah jadi warga sana, sejak lahir sampai besar (sekarang umur sepupu aku 8 tahun dan satunya 1.5 tahun) belum pernah dibawa pulang ke indonesia, ini sama seperti ibu aku cengeng banget nenekku sakit tante gak bisa pulang langsung bulan 12 tanggal 6 besok ini baru bisa pulang, aku seneng banget pengen lihat sepupu-sepupu aku yang biasanya liat fotonya aja.
 8. putra ke 8 ini adalah yang paling kontroversial menurut aku, sifat nenekku semua mirip banget sama paman muda ini, pongah, sombong dan penuh arogan, aku suka dan gak suka. suka karena paman begitu baik sama aku, bisa jadi teman karena usianya yang belum terlalu tua 32 tahun tapi dia sombong suka sok kaya, sok hebat hobinya ngejelekin saudara merasa paling hebat aku gak suka. nenekku juga berat banget sama paman ini karena ini anak terakhirnya, selain selalu manggil-manggil namaku namanya juga selalu disebut sebut oleh nenekku,kemarin baru pulang untuk nenek tanggal 25 kemarin baru balik.
 dari ke8 anaknya yang mengurus nenekku saat sakit hanya 3 putrinya yang begitu tidak disuka nenekku, anak-anak yang paling dihindarinya, namun hikmah allah mungkin ini, nenekku saat ini begitu sakit beliau tidak bisa kembali seperti keadaannya semula yang begitu sehat diusianya yang tua, sekarang bahkan beliau tidak bisa berjalan tanpa dituntun..yang mebuatnya masih bisa tersenyum dan kuat bangun dari rasa sakitnya adalah impiannya yang begitu ingin melihat aku, cucu kesayangannya menikah, ingin melihat kedua cucu lucunya yang sejak lahir tak pernah dilihatnya. bagaimanapun baik buruknya nenek aku, aku tetap mengasihinya semoga beliau tetap bertahan sampai aku menikah dan mempunyai putra/putri kelak. nenek tetaplah bertahan dan sembuh demi seluruh cucu-cucumu yang masih begitu muda-muda.


No comments:

Post a Comment