Link Collider - Best SEO Booster

Tuesday, November 12, 2013

TUGAS EKONOMI INTERNASIONAL

SOAL :
1.terangkan pengertian perdagangan luar negeri
2.jelaskan apa alasan terjadinya perdangan luar negeri
3. A.jelaskan paham kaum merkantilisme tentang perdagangan internasional
    B.apa kebaikan dan kelemahan paham merkantilisme tersebut
4.sebutkan teori teori klasik dalam teori perdangan internasional
5. A.terangkan teori klasik absolute advantage yangyang dikemukakan oleh adam smith
    B. apa kebaikan dan kelemahan teori  klasik absolute advantage
6. A. terangkan teori klasik comparativ advantage yang dikemukakan oleh david ricardo
    B. apa kebaikan dan kelemahan teori  klasik comparativ advantage

JAWABAN :


  1.      Perdagangan luar negeri atau bisa disebut juga perdagangan internasional adalah kesepakatan perdagangan yang dilakukan antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Bisa individu dengan individu , individu dengan pemerintah maupun pemerintah dengan pemerintah.Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.
  2. P Perdagangan internasional bukan hanya bermanfaat di bidang ekonomi saja. Manfaatnyadi bidang lain pada masa globalisasi ini juga semakin terasa. Bidang itu antara lain politik,sosial, dan pertahanan keamanan. Di bidang ekonomi, perdagangan internasional dilakukan semua negara untuk memenuhikebutuhan rakyatnya. Negara dapat diibaratkan manusia, tidak ada manusia yang bisahidup sendiri, tanpa bantuan orang lain. Begitu juga dengan negara, tidak ada negara yangbisa bertahan tanpa kerja sama dengan negara lain. Negara yang dahulu menutup diri dariperdagangan internasional, sekarang sudah membuka pasarnya. Misalnya, Rusia, China, danVietnam. Perdagangan internasional juga memiliki fungsi sosial. Misalnya, ketika harga bahanpangan dunia sangat tinggi. Negara-negara penghasil beras berupaya untuk dapatmengekspornya. Di samping memperoleh keuntungan, ekspor di sini juga berfungsi secarasosial. Jika krisis pangan dunia terjadi, maka bisa berakibat pada krisis ekonomi. Akibatberantainya akan melanda ke semua negara. Pada era globalisasi ini banyak muncul perusahaan multi nasional. Perusahaan sepertiini sahamnya dimiliki oleh beberapa orang dari beberapa negara. Misalnya, saham telkomseldimiliki oleh beberapa orang dari Indonesia dan Singapura. Perusahaan multi nasional sepertiini dapat mempererat hubungan sosial antar bangsa. Di dalamnya banyak orang dari berbagainegara saling bekerja sama. Maka terjadilah persabatan di antara mereka. Perdagangan internasional juga bermanfaat di bidang politik. Perdagangan antar negarabisa mempererat hubungan politik antar negara. Sebaliknya, hubungan politik juga bisamempererat hubungan dagang. Perdagangan internasional juga berfungsi untuk pertahanan keamanan. Misalnya, suatunegara nonnuklir mau mengembangkan senjata nuklir. Negara ini dapat ditekan dengandikenai sanksi ekonomi. Artinya, negara lain tidak diperbolehkan menjalin hubungan dagangdengan negara tersebut. Biasanya upaya seperti ini harus dengan persetujuan PBB. Hal inidilakukan demi terciptanya keamanan dunia. Perdagangan internasional juga terkait dengan pertahanan suatu negara. Setiap negaratentu membutuhkan senjata untuk mempertahankan wilayahnya.
  3. 3.    A. Merkantilis merupakan model kebijakan ekonomi dengan campur tangan pemerintah yang dominan, proteksionisme serta politik kolonial, ditujukan dengan neraca perdagangan luar negeri yang menguntungkan .Pemikiran ekonomi kaum merkantilis merupakan suatu kebijakan yang sangat melindungi industri, dalam negeri, tetapi menganjurkan persaingan, sementara itu terjadi pembatasan-pembatasan yang terkontrol dalam kegiatan perdagangan luar negeri, kebijakan kependudukan yang mendorong keluarga dengan banyak anak, kegiatan industri di dalam negeri dengan tingkat upah yang rendah. Proteksi industri yang menganjurkan persaingan dalam negeri, dan tingkat upah yang rendah.Proteksi industri yang menganjurkan persaingan dalam negeri, dan tingkat upah yang rendah mendorong ekspor.Paham yang di anut kaum merkantilisme adalah sebagai berikut: surplus perdagangan suatu negara merupakan tanda kekayaan negara tersebut,pemilikan logam mulia berarti pemilikan kekayaan,dalam suatu transaksi perdagangan akan ada pihak yang mendapat keuntungan dan ada pihak yang menderita kerugian.
    B. Kebaikannya teori merkantilisme adalah : negara akan berusaha untuk memperbesar jumlah ekspornya  karena Negara akan kaya dan makmur jika  ekspornya lebih besar daripada  impornya Kelemahan teori merkantilisme adalah bahwa logam mulia ( LM ) yang digunakan sebagai alat pembayaran akan menyebabkan jumlah uang yang beredar  terlalu banyak sehingga menyebabkan  terjadinya  inflasi sehungga harga barang impor menjadi lebih murah daripada harga barang didalam negeri .Kondisi ini menyebabkan mengalirnya logam mulia (LM) keluar negeri sehingga  akhirnya logam mulia (LM) didalam negeri menjadi  berkurang jumlah.

  1. 4   Teori-teori klasik dalam Teori Perdagangan Internasional adalah sebagai Berikut:
a.Teori Absolute Advantage dari Adam Smith
b.Teori Comparative  Advantagedari David Ricardo yang terdiri dari:
5. Teori Cost Comparative Advantage(Labor efficiency)
Teori Production Comperative Advantage ( Labor produktivity)
5.      A. Teori ini sering dikenal dengan nama teori murni (pure theory) perdagangan internasional. teori ini memusatkan perhatiannya pada variabel riil seperti misalnya nilai suatu barang diukur dengan banyaknya tenaga kerja yangdipergunakan untuk menghasilkan barang. Semakin banyak tenaga kerja yang dipergunakanakan akan semakin tinggi nilai barang tersebut.
B.  Kelebihan dari teori Absolute advantage yaitu terjadinya perdagangan bebas antara dua negara yang saling memiliki keunggulan absolut yang berbeda, dimana terjadi interaksi ekspor dan impor hal ini meningkatkan kemakmuran negara.
Kelemahannya:
Kelemahannya yaitu apabila hanya satu negara yang memiliki keunggulan absolut maka perdagangan internasional tidak akan terjadi karena tidak ada keuntungan.

6.   A. Teori Klasik Comparative Advantage yang dikemukakan oleh David  Ricardo adalah sebagai berikut:
1. Cost Comparative Advantage ( Labor efficiency )Menurut teori cost comparative advantage (labor efficiency), suatu Negara akan memperoleh manfaat dari perdagangan internasional jika melakukan spesialisasi produksi dan mengekspor barang dimana Negara tersebut dapat berproduksi yang secara relative  lebih efisien serta mengimpor barang di mana negara tersebut berproduksi  secara relatif kurang efisien.
2. Production Comparative Advantage ( Labor produktifiti) Suatu Negara akan memperoleh manfaat dari perdagangan internasional jika melakukan spesialisasi produksi dan mengekspor barang dimana negara tersebut dapat berproduksi relatif lebih produktif serta mengimpor barang dimana negara tersebut berproduksi relatif kurang / tidak produktif.
B. Kelebihan : Kelebihan teori klasik Comparative Advantage   adalah perdagangan internasional antara dua negara tetap dapat terjadi walaupun hanya 1 negara yang memiliki keunggulan absolut asalkan masing-masing dari negara tersebut memiliki perbedaan dalam cost Comparative Advantage atau production Comparative Advantage.
Kelemahan:
Kelemahan teori klasik Comparative Advantage, teori ini  tidak dapat menjelaskan mengapa terdapat perbedaan fungsi produksi antara 2 negara.





No comments:

Post a Comment