NAMA : FITA ISTIQOMAH
PRODI : ES / V
NIM : 201105090016
PR PERILAKU KONSUMEN
1.
Diskusikanlah keuntungan dan kerugian penggunaan demografi sebagai
dasar segmentasi. Dapatkah demografi dan psikografi digunakan bersama sama
untuk membagi pasar?
Keuntungan menggunakan segmentasi demografis yaitu :
merujuk ke statistik populasi yang
amat penting, dapat diukur, membantu menemukan pasar target/pasar sasaran,Informasi
demografis merupakan cara yang paling efektif dilakukan jika di lihat dari segi
biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali target. Data-data demografis
juga lebih mudah diukur daripada berbagai variabel dari segmentasi lain.
Sedangkan kerugian menggunakan segmentasi ini yaitu :
terkadang sulit menemukan pasar
target/pasar sasaran dan membutuhkan banyak variable yang harus diteliti
sebelum mengambil keputusan.
Profil
demografi dan psikografi merupakan pendekatan yang saling melengkapi yang akan
memberi hasil maksimal jika digunakan bersama – sama. Dengan mengkombinasikan
pengetahuan yang diperoleh dari studi demografis maupun psikografis, para
pemasar diperlengkapi dengan informasi yang sangat baik mengenai pasar
targetnya. Penentuan profil demografis dan psikografis telah digunakan secara
luas dalam pembuatan kampanye iklan untuk menjawab tiga pertanyaan : “Siapa
yang harus kita targetkan ?” Apa yang harus kita kemukan?” “ Dimana kita harus
mengemukannya?” Untuk membantu pemasang iklan menjawab pertanyaan ketiga,
banyak sarana media iklan mensponsori riset demografis psikografis yang akan
menjadi dasar profil audience mereka yang sangat terinci.
Contoh :
Mengidentifikasi
sebuah profil demografis dan psikografis mengenai pelanggan sebuah koran harian dengan menyajikan
profil rangkap pembacanya, yang ditentukan secara teliti, kepada para pembeli
media, penerbit massa media, dan stasiun radio telah memberikan kemudahan
kepada para pemasang iklan untuk memilih media yang pembacanya berkemungkinan
sekali menjadi target pasar mereka.
2.
Untuk setiap produk berikut ini, kenalilah dasar segmentasi yang
anda anggap paling baik untuk menargetkan konsumen : (a) kopi, (b) sup, (C) peralatan olahraga
rumah, (D) telepon yang mudah dibawa, dan (e) yoghurt tanpa lemak yang
dibekukan. jelaskanlah pilihan anda!
Dasar segmentasi yang saya anggap
paling menarik untuk penargetan konsumen
adalah telepon yang mudah dibawa atau lebih sering disebut dengan handphone.
Karena, pada dasarnya sifat dasar manusia adalah makhluk sosial yang artinya
sangat membutuhkan banyak komunikasi dengan manusia lain. Sejak era dulu
manusia sudah berkomunikasi dimulai dengan saling berbicara secara langsung,
kemudian ketika semakin berkembang era surat dimulai untuk menghubungkan
kerabat yang jauh. dengan semakin berkembangnya dunia serta era teknologi
berkembang kehadiran handphone yang mudah dibawa kemana mana terasa sangat
menguntungkan bagi konsumen karena dengan mengunakan handphone yang bisa dibawa
kemanapun, maka akan semakin memudahkan komunikasi secara langsung dengan
kerabat yang jauh,kelebihan handpone yang bisa dibawa kemanapun lebih
memudahkan daripada telepon rumah yang kalau butuh kita harus dirumah
dulu,handpone lebih simple dan sangat tepat menjawab kebutuhan dasar manusia
sebagai konsumen yang selalu ingin terhubung dengan orang orang yang dibutuhkan
secara sekejap, tidak heran jika banyak bisnis telekomunisasi bertebaran.
3.
Apakah gaya hidup anda
sangat berbeda dengan gaya hidup orang tua anda? Jika ya, bagaimanakah
perbedaan kedua gaya hidup itu? Faktor- faktor apa yang menyebabkan semua
perbedaan ini?
Iya, perbedaan gaya hidup saya dan
orang tua seperti kebanyakan pada kehidupan anak anak lain, perbedaannya lebih
pada cara pandang pada setiap hal serta pada perkembangan zaman. Orang tua saya
lebih berpikir dan memandang apapun dengan sederhana karena era muda mereka
dengan era muda saya saat ini jauh berbeda.jika era sekarang segala hal begitu
kompleks sedangkan pada era dulu segalanya lebih bersifat sederhana, cara
pandang saya terhadap segala hal lebih rumit dan kompleks. Sebagai contoh
perbedaannya seperti orang tua saya akan
merasa cukup dengan membeli 1 handphone biasa yang bisa telepon dan sms dengan
fungsi kamera. Sedangkan saya akan
merasa begitu kurang dengan handphone dengan hanya fitur seperti itu. Seperti
juga pada cara pandang akan suatu barang, orang tua saya jika membeli mungkin
akan memilih barang yang walaupun mahal tapi berumur panjang, hanya membeli
sesuatu yang benar benar sedang dibutuhkan, kalo saya mungkin lebih sering
terpengaruh dengan implusing buy.
Faktor faktor yang
menyebabkan perbedaan mungkin hanya dari rentang umur kami yang begitu jauh
sehingga pengalaman hidup orang tua lebih banyak juga mungkin dari faktor
lingkungan kami tinggal yang berbeda. Orang tua saya diluar negeri dan saya
didalam negeri.
4.
a. “Pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan lebih dulu ada
sebelum pelaku pemasaran”. Diskusikanlah pertannyaan ini.
Maksud pernyatan diatas yakni memang
kebutuhan itu sudah ada sejak manusia mulai dilahirkan dan Pemasar tidak
menciptakan kebutuhan, kebutuhan lebih dulu ada sebelum pelaku pemasaran.
Justru dari adanya rasa butuh itulah muncul pemasaran untuk memasarkan
pemenuhan kebutuhan konsumen. Dan tugas pemasar adalah memastikan konsumen
terpenuhi kebutuhannya dan merasa puas. Pemasar membuat para konsumen lebih
menyadari berbagai kebutuhan yang tidak dirasakan. Konsep inti(dasar) pemasaran
yang pertama adalah kebutuhan setelah itu keinginan, pemintaan, produk, nilai
dan kepuasan, transaksi, hubungan, pasar, dan pemasaran.
b.Dapatkah usaha pemasaran mengubah kebutuhan konsumen? Mengapa
atau mengapa tidak?
Iya, karena Pemasaran adalah proses
sosial atau manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan
keinginan mereka dengan menciptakan penawaran produk yang bernilai satu sama
lain. Pemasaran tidak saja dilakukan oleh organisasi bisnis tetapi juga
organisasi non-bisnis, seperti lembaga pemerintah atau lembaga sosial
masyarakat, atau lembaga konsumen. Sedangkan Konsep utama yang paling mendasari
pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan adalah suatu keadaan yang
dirasakan tidak ada dalam diri seseorang. Manusia memiliki kebutuhan yang
kompleks dan bertingkat seperti yang dikemukakan oleh Abraham Maslow yaitu;
kebutuhan fisik, keamanan dan keselamatan, sosial, penghargaan, dan kebutuhan
aktualisasi diri. Perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan ditentukan oleh
tingkat kebutuhan mana yang paling mendesak. Apabila salah satu tingkat
kebutuhan telah terpenuhi maka ia akan berhenti sebagai faktor motivator.
5.
Mengapa kebutuhan dan tujuan konsumen terus-menerus berubah? Faktor-faktor
apa yang mempengaruhi pembentukan tujuan baru?
Karena
dalam Teori Maslow hierarki kebutuhan terdapat lima tingkatan dasar kebutuhan
manusia yang universal. Teori tersebut menjelaskan bahwa individu berusaha
memenuhi kebutuhan yang lebih rendah sebelum timbul tingkat kebutuhan yang
lebih tinggi. Tingkat kebutuhan paling rendah yang terus – menerus tidak
terpenuhi yang dialami seseorang akan membantu memotivasi perilakunya. Jika
kebutuhan tersebut sudah terpenuhi dengan cukup baik, kebutuhan baru (dan lebih
tinggi) akan timbul sehingga orang terdorong untuk memenuhinya. Jika kebutuhan
ini sudah terpenuhi , kebutuhan baru (yang lebih tinggi lagi) akan timbul, dan
seterusnya.
Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembentukan tujuan baru :
semua perilaku berorientasi kepada tujuan. Tujuan merupakan hasil
yang dicari perilaku yang mendapat rangsangan. Bentuk atau arah yang diambil
perilaku tujuan yang dipilih merupakan hasil proses berpikir (kesadaran) dan
proses belajar sebelumnya. Faktor - faktor yang mempengaruhi yaitu bersifat
fisiologis, psikologis, tujuan khusus yang dipilih tergantung pada pengalaman,
kemampuan fisik, norma- norma dan nilai – nilai budaya yang berlaku, dan
kemudian mencapai tujuan itu dalam lingkungan fisik dan sosial.
Kebutuhan dan tujuan saling
bergantungan dan berubah sebagai respon dari keadaan fisik, lingkungan,
interaksi dengan orang lain, dan pengalaman individu.
6.
Untuk setiap keadaan yang didaftarkan pada pertanyaan 3, pilihlah
satu tingkat dari hierarki kebutuhan manusia menurut Maslow yang dapat
digunakan untuk membagi pasar dan mengatur posisi produk/perusahaan. Jelaskan
pilihan anda apa keuntungan dan kerugian menggunakan hierarki Maslow untuk
melakukan segementasi dan mengatur posisi?
Tingkat kebutuhan aktualisasi diri
yaitu, ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya kebutuhan untuk
aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai
orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk
dilakukan”, salah satunya dengan cara menggunakan penerimaan mahasiswa akhir
untuk bekerja di perusahaan teknologi tinggi. Hal itu karna orang yang
mempunyai kebutuhan yang tinggi untuk prestasi cenderung lebih percaya diri,
senang mengambil resiko yang di perhitungkan, secara aktif mengamati lingkungan
mereka dan menghargai umpan balik.
Keuntungan dan Kerugian menggunakan Hierarki Maslow
Kelebihan:
Ø Kebutuhan maslow harus memenuhi kebutuhan yang paling penting
dahulu kemudian meningkat ke yang tidak terlalu penting.
Ø Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu
dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya.
Kerugian:
Kebutuhan yang selalu bertingkat
sesuai urutannya tidaklah selamanya benar dan konsisten.Terkadang tingkat
kebutuhan ini tidak berlaku bagi beberapa orang yang artinya bisa saja bagi
orang lain bebutuhan penghargaan tidaklah begitu tinggi dibanding kan kebutuhan
rasa aman, malah kebutuhan rasa amanlah yang lebih tinggi daripada kebutuhan
penghargaan dan bisa jadi bagi beberapa orang kebutuhan rasa amanlah yang
paling tinggi dibandingkan kebutuhan aktualisasi diri.
No comments:
Post a Comment