Link Collider - Best SEO Booster

Tuesday, November 12, 2013

PRILAKU KONSUMEN



NAMA : FITA ISTIQOMAH
PRODI : ES / V
NIM      : 201105090016
PR PERILAKU KONSUMEN

1.      Diskusikanlah keuntungan dan kerugian penggunaan demografi sebagai dasar segmentasi. Dapatkah demografi dan psikografi digunakan bersama sama untuk membagi pasar?
Keuntungan menggunakan segmentasi demografis yaitu :
merujuk ke statistik populasi yang amat penting, dapat diukur, membantu menemukan pasar target/pasar sasaran,Informasi demografis merupakan cara yang paling efektif dilakukan jika di lihat dari segi biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali target. Data-data demografis juga lebih mudah diukur daripada berbagai variabel dari segmentasi lain.
Sedangkan kerugian menggunakan segmentasi ini yaitu :
terkadang sulit menemukan pasar target/pasar sasaran dan membutuhkan banyak variable yang harus diteliti sebelum mengambil keputusan.
Profil demografi dan psikografi merupakan pendekatan yang saling melengkapi yang akan memberi hasil maksimal jika digunakan bersama – sama. Dengan mengkombinasikan pengetahuan yang diperoleh dari studi demografis maupun psikografis, para pemasar diperlengkapi dengan informasi yang sangat baik mengenai pasar targetnya. Penentuan profil demografis dan psikografis telah digunakan secara luas dalam pembuatan kampanye iklan untuk menjawab tiga pertanyaan : “Siapa yang harus kita targetkan ?” Apa yang harus kita kemukan?” “ Dimana kita harus mengemukannya?” Untuk membantu pemasang iklan menjawab pertanyaan ketiga, banyak sarana media iklan mensponsori riset demografis psikografis yang akan menjadi dasar profil audience mereka yang sangat terinci.
Contoh :
Mengidentifikasi sebuah profil demografis dan psikografis mengenai pelanggan  sebuah koran harian dengan menyajikan profil rangkap pembacanya, yang ditentukan secara teliti, kepada para pembeli media, penerbit massa media, dan stasiun radio telah memberikan kemudahan kepada para pemasang iklan untuk memilih media yang pembacanya berkemungkinan sekali menjadi target pasar mereka.
2.      Untuk setiap produk berikut ini, kenalilah dasar segmentasi yang anda anggap paling baik untuk menargetkan konsumen :  (a) kopi, (b) sup, (C) peralatan olahraga rumah, (D) telepon yang mudah dibawa, dan (e) yoghurt tanpa lemak yang dibekukan. jelaskanlah pilihan anda!
Dasar segmentasi yang saya anggap paling menarik untuk  penargetan konsumen adalah telepon yang mudah dibawa atau lebih sering disebut dengan handphone. Karena, pada dasarnya sifat dasar manusia adalah makhluk sosial yang artinya sangat membutuhkan banyak komunikasi dengan manusia lain. Sejak era dulu manusia sudah berkomunikasi dimulai dengan saling berbicara secara langsung, kemudian ketika semakin berkembang era surat dimulai untuk menghubungkan kerabat yang jauh. dengan semakin berkembangnya dunia serta era teknologi berkembang kehadiran handphone yang mudah dibawa kemana mana terasa sangat menguntungkan bagi konsumen karena dengan mengunakan handphone yang bisa dibawa kemanapun, maka akan semakin memudahkan komunikasi secara langsung dengan kerabat yang jauh,kelebihan handpone yang bisa dibawa kemanapun lebih memudahkan daripada telepon rumah yang kalau butuh kita harus dirumah dulu,handpone lebih simple dan sangat tepat menjawab kebutuhan dasar manusia sebagai konsumen yang selalu ingin terhubung dengan orang orang yang dibutuhkan secara sekejap, tidak heran jika banyak bisnis telekomunisasi bertebaran.
3.      Apakah gaya hidup anda sangat berbeda dengan gaya hidup orang tua anda? Jika ya, bagaimanakah perbedaan kedua gaya hidup itu? Faktor- faktor apa yang menyebabkan semua perbedaan ini?
Iya, perbedaan gaya hidup saya dan orang tua seperti kebanyakan pada kehidupan anak anak lain, perbedaannya lebih pada cara pandang pada setiap hal serta pada perkembangan zaman. Orang tua saya lebih berpikir dan memandang apapun dengan sederhana karena era muda mereka dengan era muda saya saat ini jauh berbeda.jika era sekarang segala hal begitu kompleks sedangkan pada era dulu segalanya lebih bersifat sederhana, cara pandang saya terhadap segala hal lebih rumit dan kompleks. Sebagai contoh perbedaannya seperti orang tua  saya akan merasa cukup dengan membeli 1 handphone biasa yang bisa telepon dan sms dengan fungsi kamera.        Sedangkan saya akan merasa begitu kurang dengan handphone dengan hanya fitur seperti itu. Seperti juga pada cara pandang akan suatu barang, orang tua saya jika membeli mungkin akan memilih barang yang walaupun mahal tapi berumur panjang, hanya membeli sesuatu yang benar benar sedang dibutuhkan, kalo saya mungkin lebih sering terpengaruh dengan implusing buy.
            Faktor faktor yang menyebabkan perbedaan mungkin hanya dari rentang umur kami yang begitu jauh sehingga pengalaman hidup orang tua lebih banyak juga mungkin dari faktor lingkungan kami tinggal yang berbeda. Orang tua saya diluar negeri dan saya didalam negeri.
4.      a. “Pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan lebih dulu ada sebelum pelaku pemasaran”. Diskusikanlah pertannyaan ini.
Maksud pernyatan diatas yakni memang kebutuhan itu sudah ada sejak manusia mulai dilahirkan dan Pemasar tidak menciptakan kebutuhan, kebutuhan lebih dulu ada sebelum pelaku pemasaran. Justru dari adanya rasa butuh itulah muncul pemasaran untuk memasarkan pemenuhan kebutuhan konsumen. Dan tugas pemasar adalah memastikan konsumen terpenuhi kebutuhannya dan merasa puas. Pemasar membuat para konsumen lebih menyadari berbagai kebutuhan yang tidak dirasakan. Konsep inti(dasar) pemasaran yang pertama adalah kebutuhan setelah itu keinginan, pemintaan, produk, nilai dan kepuasan, transaksi, hubungan, pasar, dan pemasaran.
b.Dapatkah usaha pemasaran mengubah kebutuhan konsumen? Mengapa atau mengapa tidak?
Iya, karena Pemasaran adalah proses sosial atau manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan penawaran produk yang bernilai satu sama lain. Pemasaran tidak saja dilakukan oleh organisasi bisnis tetapi juga organisasi non-bisnis, seperti lembaga pemerintah atau lembaga sosial masyarakat, atau lembaga konsumen. Sedangkan Konsep utama yang paling mendasari pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan adalah suatu keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri seseorang. Manusia memiliki kebutuhan yang kompleks dan bertingkat seperti yang dikemukakan oleh Abraham Maslow yaitu; kebutuhan fisik, keamanan dan keselamatan, sosial, penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan ditentukan oleh tingkat kebutuhan mana yang paling mendesak. Apabila salah satu tingkat kebutuhan telah terpenuhi maka ia akan berhenti sebagai faktor motivator.
5.      Mengapa kebutuhan dan tujuan konsumen terus-menerus berubah? Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembentukan tujuan baru?
           Karena dalam Teori Maslow hierarki kebutuhan terdapat lima tingkatan dasar kebutuhan manusia yang universal. Teori tersebut menjelaskan bahwa individu berusaha memenuhi kebutuhan yang lebih rendah sebelum timbul tingkat kebutuhan yang lebih tinggi. Tingkat kebutuhan paling rendah yang terus – menerus tidak terpenuhi yang dialami seseorang akan membantu memotivasi perilakunya. Jika kebutuhan tersebut sudah terpenuhi dengan cukup baik, kebutuhan baru (dan lebih tinggi) akan timbul sehingga orang terdorong untuk memenuhinya. Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi , kebutuhan baru (yang lebih tinggi lagi) akan timbul, dan seterusnya.
Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembentukan tujuan baru :
semua perilaku berorientasi kepada tujuan. Tujuan merupakan hasil yang dicari perilaku yang mendapat rangsangan. Bentuk atau arah yang diambil perilaku tujuan yang dipilih merupakan hasil proses berpikir (kesadaran) dan proses belajar sebelumnya. Faktor - faktor yang mempengaruhi yaitu bersifat fisiologis, psikologis, tujuan khusus yang dipilih tergantung pada pengalaman, kemampuan fisik, norma- norma dan nilai – nilai budaya yang berlaku, dan kemudian mencapai tujuan itu dalam lingkungan fisik dan sosial.
Kebutuhan dan tujuan saling bergantungan dan berubah sebagai respon dari keadaan fisik, lingkungan, interaksi dengan orang lain, dan pengalaman individu.

6.      Untuk setiap keadaan yang didaftarkan pada pertanyaan 3, pilihlah satu tingkat dari hierarki kebutuhan manusia menurut Maslow yang dapat digunakan untuk membagi pasar dan mengatur posisi produk/perusahaan. Jelaskan pilihan anda apa keuntungan dan kerugian menggunakan hierarki Maslow untuk melakukan segementasi dan mengatur posisi?
Tingkat kebutuhan aktualisasi diri yaitu, ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk dilakukan”, salah satunya dengan cara menggunakan penerimaan mahasiswa akhir untuk bekerja di perusahaan teknologi tinggi. Hal itu karna orang yang mempunyai kebutuhan yang tinggi untuk prestasi cenderung lebih percaya diri, senang mengambil resiko yang di perhitungkan, secara aktif mengamati lingkungan mereka dan menghargai umpan balik.
Keuntungan dan Kerugian menggunakan Hierarki Maslow
Kelebihan:
Ø  Kebutuhan maslow harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkat ke yang tidak terlalu penting.
Ø  Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya.
Kerugian:
Kebutuhan yang selalu bertingkat sesuai urutannya tidaklah selamanya benar dan konsisten.Terkadang tingkat kebutuhan ini tidak berlaku bagi beberapa orang yang artinya bisa saja bagi orang lain bebutuhan penghargaan tidaklah begitu tinggi dibanding kan kebutuhan rasa aman, malah kebutuhan rasa amanlah yang lebih tinggi daripada kebutuhan penghargaan dan bisa jadi bagi beberapa orang kebutuhan rasa amanlah yang paling tinggi dibandingkan kebutuhan aktualisasi diri.

No comments:

Post a Comment